Sukses

Subsidi Energi 2015 Bisa Buat Bangun 100 Stadion Piala Dunia

Subsidi energi untuk tahun depan yang digunakan untuk subsidi BBM dan subsidi listrik mencapai Rp 350 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Anggaran subsidi energi Indonesia tahun depan mencapai Rp 350 triliun. Jika diilustrasikan untuk menggambarkan besarnya angka subsidi tersebut, dana tersebut bisa untuk membangun 100 stadion sepak bola kelas piala dunia.

kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Tony Prasetiantono mengatakan, subsidi energi khususnya untuk bahan bakar minyak (BBM) dari tahun ke tahun terus meningkat.

"2013 itu masih sebesar Rp 200 triliun, kombinasi antara subsidi BBM dan listrik yang sebesar Rp 90 triliun. Tahun ini subsidinya mencapai Rp 246 triliun untuk BBM dan Rp 103 triliun untuk listrik," kata Tony, seperti yang dikutip, di Jakarta, Minggu (12/10/2014)

Sedangkan tahun depan, jika pemerintah tidak mengurangi subsidi BBM dengan menaikan harga BBM bersubsidi, subsidi BBM mencapai Rp 291 triliun. Sementara untuk subsidi listrik mengalami penurunan karena pemerintah sudah mencabut subsidi listrik enam golongan pelanggan.

"Tahun depan subsidi listrik akan turun dari Rp 103 triliun ke Rp 72 triliun, subsidi BBM naik dari Rp 246 ke 291 triliun kalau pemerintah tidak menaikan harga," ungkapnya.

Jika dijumlah, subsidi energi untuk tahun depan mencapai Rp 350 triliun. Untuk menggambarkan besarnya jumlah subsidi tersebut, Tony membandingkan dengan dana yang digunakan untuk membangun stadion sepak bola skala piala dunia.

Menurutnya, dengan dana itu Indonesia bisa membangun stadion berkelas piala dunia seperti Brasil sebanyak 100 stadion. Pasalnya, untuk membangun 12 stadion yang digunakan untuk piala dunia pada Juli lalu Brasil mengeluarkan dana US$ 3,5 triliun atau sekitar Rp 40 triliun.

"Saya membadingkan Rp 350 triliun itu dengan apa, ini gambar stadion di Brasil ketika mengadakan piala dunia Juli, 12 stadiom ongkosnya Rp3,5 miliar dolar," tuturnya.

Tony menambahkan, anggaran subsidi energi Rp 350 triliun tersebut berati bisa membiayai pembangunan 100 stadion dengan kelas yang sama dengan stadion yang digunakan untuk piala dunia kemarin. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini