Sukses

Kepercayaan Investor Bukan Hanya Faktor Jokowi

Kepala BKPM, Mahendra Siregar menuturkan, pertumbuhan investasi tidak hanya dari faktor Jokowi saja tetapi juga pertumbuhan kelas menengah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan investasi. Namun ada banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan agar investor semakin yakin menanamkan investasinya di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar mengatakan selain faktor kepemimpinan Jokowi yang dinilai pro terhadap investasi, tumbuhnya kelas menengah di Indonesia juga menjadi pendorong investor untuk menanamkan modalnya.

"Pasar dalam negeri yang tetap menarik karena didorong oleh populasi kelas menengah yang tetap kuat. Jadi bukan faktor dari pemerintah baru saja," ujar Mahendra di Kantor BKPM, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Dia menjelaskan, faktor regulasi dan ketersediaan infrastruktur juga menjadi faktor penentu bagi investor untuk menanamkan investasinya. Dengan regulasi yang baik dan adanya infrastruktur, maka tingkat kepercayaan investor akan semakin tinggi.

"Harapannya ini bisa didorong supaya tingkat kepercayaan bisa lebih besar dari yang kita rasakan tahun ini. Tapi kita lihat, keberadaan pemerintah baru serta dukungan kuat pada saat pemilihan presiden bisa direfleksikan dengan kepercayaan investor yang lebih tinggi," jelas dia.

Mahendra menegaskan, untuk mendukung pemerintahan baru, pihaknya akan terus mendorong perbaikan iklim investasi, kemudahan mendirikan usaha dan peningkatan kualitas pelayanan investasi sebagaimana diamanatkan dalam Perpres No. 97 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

"BKPM secara khusus telah menyiapkan serangkaian rencana aksi yang siap dijalankan sebagai bagian program 100 hari pemerintahan presiden Jokowi, maupun reformasi lebih menyeluruh selama 5 tahun ke depan," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Investor