Sukses

Pengusaha Senang Kemenkeu Lelang Jabatan Eselon

"Semua eselon I dan II harus diseleksi oleh tim agar supaya yang masuk adalah orang right man in the right place,"ujar Ketua Apindo Sofjan W

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menyambut baik lelang jabatan yang dibuka Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk beberapa posisi, termasuk Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak. Upaya ini mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen pejabat negara.

Ketua APINDO, Sofjan Wanandi mengungkapkan, lelang jabatan dari Kemenkeu bertujuan untuk mencari para pelayan publik yang tepat dan terbaik.

"Semua Eselon I dan II harus diseleksi oleh tim supaya yang masuk adalah orang-orang yang right man in the right place. Jadi bukan diisi sama orang partai yang sebenarnya tidak qualified," papar dia kepada wartawan di acara US-Indonesia Investment Summit, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Kemenkeu resmi membuka lelang jabatan untuk mengisi kursi Direktur Jenderal Pajak, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi serta Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara.

Pengisian jabatan di lingkungan Kemenkeu ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2014.

"Dilakukan demi kemajuan suatu kementerian agar bisa memilih orang-orang yang berkompeten dari jalur independen. Jadi walaupun lebih sulit tapi lebih qualified untuk menentukan siapa Dirjen yang terbaik. Bukan dipilih karena kepentingan politik," imbuh Sofyan. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini