Sukses

Pengusaha Ingin Jamu Mendunia Seperti K-Pop

Dengan maraknya konsumsi jamu maka perekonomian Indonesia semakin maju karena pondasi kebangsaan menjadi kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan, sudah seharusnya jamu menjadi minuman unggulan di Tanah Air.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya, Putri K Wardani mengungkapkan, dengan maraknya konsumsi jamu maka perekonomian Indonesia semakin maju karena pondasi kebangsaan menjadi kuat.

"Penguatan ekonomi kerakyatan, nation character building atau pembangun karakter bangsa," kata dia dalam acara rutin Minum Jamu di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Dia berharap, industri jamu bisa menjadi penopang ekspor nasional. Sayangnya, industri jamu belum berkembang mengingat Indonesia sebagai penghasil terbesar kedua tanaman herbal namun belum besar pemanfaatannya.

"Tetapi masih belum masuk penyuplai produk berbasis tanaman alami atau herbal," imbuhnya.

Maka, dia meminta pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong industri jamu. Caranya, dengan mempromosikan jamu ke seluruh dunia sebagai misi pemerintah.

Dengan begitu dia berharap, jamu bisa setara dengan Korea dengan industri K-Popnya.

"Kami berharap Menteri Perdagangan bisa bawa  perdagangan dunia untuk menawarkan dan memperkenalkan jamu Indonesia sebagai ujung tombak yang mendunia, seperti Korea yang memasukan K-Pop," tutup dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.