Sukses

Perpanjang Izin, RI Selamatkan Puluhan Ribu Karyawan Freeport?

Menurut Presiden Direktur Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin, pihaknya telah memberi kontribusi kepada Indonesia terutama tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sepakat memperpanjang operasional PT Freeport Indonesia selama 6 bulan. Hal ini dilakukan pemerintah demi kelancaran bisnis perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat (AS) itu yang diklaim menghidupi ribuan karyawan, termasuk warga Papua.  

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, pemerintah berkepentingan agar operasional Freeport Indonesia dapat berjalan lancar. Lokasi tambang emas dan tembaga milik Freeport Indonesia berada di Papua.

"Ada 12 ribu karyawan dan kurang lebih 19 ribu karyawan kontraktor dan sub kontraktor yang bergantung di tambang itu. Jadi pengaruhnya sangat signifikan," ujar dia saat menggelar Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Minggu (25/1/2015).

Sementara itu, Presiden Direktur Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin mengklaim telah memberikan kontribusi bagi perekonomian negeri ini selama 20 tahun berinvestasi di Indonesia.

"Kami nggak hanya menghitung dari sisi bisnis, karena ada sekira kurang dari 13 ribu pekerja langsung di Freeport Indonesia dan kurang dari 20 ribu tenaga kontraktor. ini sudah memberikan nilai manfaat dari sisi sosial bagi pembangunan wilayah Kabupaten," terangya.

Perpanjangan operasional tersebut, tambah Maroef, merupakan suatu kesempatan bagi Freeport Indonesia untuk memanfaatkan kerjasama ini dengan baik supaya dapat menyelaraskan kinerja perusahaan sesuai kebijakan pemerintah.

"Kami datang untuk kekayaan alam yang ada di sini. Jadi Freeport patuh dengan Undang-undang (UU) yang ada. Perpanjangan ini juga sangat menentukan pemegang saham Freeport yang dimiliki 80 persen dari seluruh investor di dunia internasonal," imbuh dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.