Sukses

Kabinet Kerja Minim Pengalaman Birokrasi Jadi Tantangan Ekonomi

Koordinator Tenaga Ahli Wapres, Sofyan Wanandi mendorong menteri di kabinet kerja saling bekerja sama dalam satu tim untuk bangun ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki banyak program untuk meningkatkan perekonomian di Tanah Air. Namun, Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sekaligus Koordinator Tenaga Ahli Wapres Sofyan Wanandi menilai, program pemerintah memiliki banyak tantangan.

Sofyan mengatakan, tantangan tersebut seperti  minim pengalaman di birokrasi. "Misal kita ini bangun 35 ribu megawatt, bangun pelabuhan, bagaimana mengkoordinasikan kabinet kita yang minim pengalaman, sebagian dari kalangan partai dan pengusaha yang tidak pernah bekerja secara birokrasi," kata dia, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Karena itu, dia mengatakan perlunya sinkronisasi di pemerintahan. Hal tersebut supaya kondisi pada pemerintah sebelumnya tak terulang.

"Sekarang bagaimana bisa bekerja satu tim dengan departemen lain, di mana zaman SBY mereka jalan masing-masing," kata Sofyan.

Dia mengakui, memajukan perekonomian memang berat maka butuh seorang benar-benar serius merealisasikan program presiden.

"Soal ekonomi tidak gampang dan menentukan orang yang jadi kepala proyek. Seperti koordinasi dengan kepala proyek," ujar Sofyan. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini