Sukses

Perbankan Diminta Tak Khawatir Kucurkan Kredit ke Nelayan

Menurut Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau Kecil, Sudirman Saad menuturkan, saat ini kredit macet di sektor kelautan kurang 3 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan, seharusnya pihak perbankan tak perlu khawatir akan risiko penyuntikan modal terutama terkait kredit macet untuk sektor kelautan dan perikanan.

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP, Sudirman Saad mengatakan, risiko kredit macet tipis mengingat karakteristik nelayan yang disiplin mengangsur kredit.

"Secara prinsip kultur orang nelayan jujur, di laut orang percaya Tuhan, punya komitmen," kata dia di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Terbukti, hal itu terlihat dari kecilnya kredit macet atau non performing loan (NPL)  untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Kita memang punya NPL kurang dari 3 persen. Itu artinya disiplin mereka tinggi, kenapa karena kultur," tegas Sudirman.

Dia mengatakan,  pasar kredit mikro perbankan untuk nelayan belum tergarap secara maksimal. Padahal potensi kredit untuk nelayan terhitung besar. "Sebetulnya jumlah nelayan ada 1 juta, 1 juta umumnya memerlukan paling tidak Rp 50 juta," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini