Sukses

Pemerintah Bakal Terbitkan Global Bond di Semester I

Pemerintah juga mengamati perkembangan kebijakan suku bunga The Federal Reserve untuk menerbitkan obligasi global.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan penerbitan surat hutang berdenominasi valas (global bond) non rupiah akan dilakukan sebelum Juni 2015.

"Kami sudah komit bahwa pengeluaran bond non rupiah itu akan dilakukan lebih cepat sebelum semester dua. Semua yang non rupiah pokoknya," kata Bambang, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Kebijakan suku bunga The Federal Reserve juga menjadi perhatian pemerintah. Bambang mengakui masih ada ketidak pastian tentang keputusan waktu dan besaran The Fed untuk menaikan tingkat suku bunga.

"Ya namanya juga semua menunggu kapan dan berapa besar. Palingnya sudah ada indikasi seberapa besar yang dibayangkan dana mungkin tidak secepat yang dibayangkan," tutur Bambang.

Menurut Bambang, penguatan mata uang dolar AS terlalu cepat akan berdampak buruk pada perekonomian Amerika Serikat. Karena itu, negeri Paman Sam tersebut harus memperhitungkan kondisi dalam negerinya.

"Tentunya ekonomi Amerika Serikat juga harus melihat kalau dolar AS menguat terlalu cepat akan merugikan ekonomi mereka. Mereka harus hitung bahwa penaikan tingkat bunga dolar harus memeprhatikan kondisi dalam negeri," tutupnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini