Sukses

Kalimantan Barat Bakal Punya Pelabuhan Internasional

Pelindo akan membangun pelabuhan baru di Mempawah di luas lahan 5.000 hektar.

Liputan6.com, Pontianak Pelabuhan baru akan dibangun di Mempawah, Kalimantan Barat mengingat daya tampung pelabuhan Dwikora yang sudah penuh. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pun mengakui, daya tampung pelabuhan Dwikora Pontianak sudah penuh sehingga memang perlu pindah.

"Kalau Pelabuhan Dwikora menurut Pelindo II sudah penuh. Jadi pak Gubernur menyarankan untuk pindah," kata Jonan, seperti ditulis Minggu (22/3/2015).

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang akan membangun pelabuhan baru tersebut di luas lahan 5.000 hektar. Pelabuhan Mempawah  akan menjadi pelabuhan internasional. Saat ini pembangunan pelabuhan sedang proses perizinan.

Jonan mengunjungi pelabuhan Dwikora pada Sabtu 21 Maret 2015. Dengan berkacamata hitam dan memakai topi bertuliskan JONAN, mantan Direktur Utama KAI ini bersama pejabat daera Kalimantan Barat juga mengunjungi tempat persinggahan kapal.

Ketika disinggung soal kapal feri yang tidak beroperasi selama satu bulan di kota Pontianak, Jonan mengatakan, pelabuhan Feri di Pontianak dikelola oleh Pemerintah Kota Pontianak. "Kalau pelabuhan Fery di Pontianak ini dikelola Pemkot Pontianak. Kalau seandainya nanti dibalikkan ke pusat, kami betulkan," ujar Jonan.

Saat ditanya mengenai pembangunan rel kereta api di Kalimantan, Jonan mengatakan, hal itu tersebut masih proses kajian studi yang telah berlangsung dua tahun. Bila lahan bisa membangun rel kereta api maka jalur kereta api dari Pontianak lewat Banjarmasin dan Samarinda. (Raden AMP/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini