Sukses

Merdeka Copper Tawarkan Harga IPO Rp 1.800-Rp 2.100 per Saham

PT Merdeka Copper Gold Tbk akan menggunakan dana hasil IPO untuk belanja modal anak usaha, pelunasan utang dan modal kerja.

Liputan6.com, Jakarta - PT Merdeka Copper Gold Tbk (Merdeka), perusahaan tambang mineral Indonesia menawarkan harga saham perdana di kisaran Rp 1.800-Rp 2.100 per saham.
Perseroan berencana menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) pada pertengahan Juni 2015.

Dalam IPO tersebut, PT Merdeka Copper Gold Tbk akan menawarkan sebanyak-banyaknya 874.363.644 saham baru atau 21,7 persen dari total saham perseroan ke publik. Jadi dengan penawaran saham tersebut, perseroan mengincar dana sekitar Rp 1,57 triliun-Rp 1,83 triliun.

"Kami bersyukur Merdeka dapat segera menjadi bagian dari perusahaan publik. Kami percaya keputusan ini akan menjadikan Merdeka sebagai perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah optimal pada para stakeholders dan shareholders dalam jangka panjang," tutur Komisaris PT Merdeka Copper Gold Tbk, Edwin Soeryadjaya di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Perseroan akan menyalurkan seluruh dana bersih dari hasil IPO ke entitas anak PT Bumi Suksesindo (BSI) yang 99,9% sahamnya dimiliki Merdeka. Sekitar 50 persen dari dana hasil penjualan saham akan digunakan BSI untuk belanja modal. Sementara 40 persen dari hasil IPO tersebut akan digunakan untuk biaya pelunasan utang dan modal kerja sebesar 10 persen.

PT Merdeka Copper Gold Tbk merupakan perusahaan tambang mineral pertama yang belum melakukan aktivitas produksi tapi telah berkesempatan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat ini perseroan tengah melakukan proses konstruksi proyek yang rencananya rampung dan bisa berproduksi pada akhir 2016 dan mulai melakukan penjualan pada 2017.

Perseroan akan mulai produksi pada lapisan oksida dengan target produksi tahunan emas hingga 90 ribu ounce dan perak hingga satu juta ounce.
Sumber daya mineral milik PT Merdeka Copper Gold berupa emas, perak dan tembaga berada di Proyek Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur. Rencananya, masa penawaran saham perdana berlangsung pada 4-8 Juni 2015.

Untuk mendukung IPO ini, PT Merdeka Copper Gold telah menunjuk PT Indopremier Securities dan PT Bahana Securitues untuk bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi saham.

Direktur PT Indopremier Securities Moleonoto mengatakan, pihaknya telah memperoleh respons yang sangat positif dari para investor institusi dan perorangan terhadap IPO PT Merdeka Copper Gold Tbk.

"Dengan cadangan emas dan tembaga yang memiliki value tinggi, fundamental perusahaan ini akan sangat terjaga dalam jangka panjang," ujar Molenoto. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini