Sukses

BKPM Kaji Masuknya Asing pada Jasa Kawal Angkut Uang

Saat ini terdapat 10 bank asing yang beroperasi di Indonesia dan 15 bank campuran yang memiliki ribuan cabang.

Liputan6.com, Jakarta - Selain sektor jamu yang diusulkan dapat lebih terbuka untuk kepemilikan asing, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga menerima usulan agar investor asing dapat memiliki kepemilikan saham mayoritas di bidang usaha jasa kawal angkut uang dan barang berharga.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan, dari sektor pertahanan dan keamanan, BKPM menerima 12 masukan dari pelaku usaha. Salah satu di antaranya adalah bidang usaha jasa kawal angkut uang.

Selain jasa kawal angkut uang, masukan lainnya di sektor pertahanan dan keamanan terkait bidang usaha konsultasi keamanan, pendidikan dan latihan keamanan, penerapan peralatan keamanan, penyediaan jasa keamanan menggunakan satwa/hewan, dan penyediaan tenaga keamanan.
 
“Bidang usaha jasa kawal angkut uang dalam Perpres No 39/2014 mengatur kepemilikan asing maksimal  49 persen. Usulan yang masuk ke BKPM, kepemilikan asing di bidang usaha ini dapat diperbesar sehingga menjadi mayoritas,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/11/2015).

 
Menurut Franky, perusahaan yang bergerak di bidang jasa kawal angkut uang dan barang berharga tersebut biasa digunakan untuk mengamankan pengiriman uang yang dilakukan oleh lembaga keuangan seperti perbankan.

"Mitra mereka biasanya perbankan, dengan struktur regulasi perbankan Indonesia yang dapat dimiliki oleh mayoritas asing, ada keinginan agar jasa pengamanannya pun dapat mayoritas," jelasnya.
 
Melihat industri yang ditunjang adalah perbankan, potensi pertumbuhan bisnis bidang usaha kawal angkut uang tentu sangat besar. Dari data Bank Indonesia (BI) saat ini terdapat 10 bank asing yang beroperasi di Indonesia dan 15 bank campuran yang memiliki ribuan cabang di Indonesia. Belum lagi bila dihitung secara keseluruhan jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak lebih 65 ribu unit.
 
“Sebagai tindak lanjut dalam pembahasan panduan investasi sektor ini, kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan pihak Kepolisian kemudian Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan yang membina bidang usaha jasa pengawalan keuangan," kata Franky.

Bidang usaha jasa kawal angkut uang mulai diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Kapolri No 17 Tahun 2006 tentang Pedoman Pembinaan Badan Usaha Jasa Pengamanan. Dalam regulasi tersebut, terdapat spesialisasi terhadap kegiatan usaha yang didefinisikan sebagai kawal angkut uang dan barang berharga. Bidang usaha tersebut dapat dikerjakan oleh perusahaan keamanan yang memang memiliki divisi kawal angkut uang dan alat berharga.
 
BKPM saat ini sedang mengoordinasikan penyusunan Panduan Investasi. Panduan ini diharapkan dapat selesai pada April 2016, menggantikan panduan investasi yang saat ini berlaku, Perpres No 39/2014 tentang daftar bidang usaha yang tertutup dan daftar bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan. (Dny/Zul)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.