Sukses

Menko Darmin: Paket Kebijakan Jilid VII Bakal Diumumkan Sore Ini

Ada beberapa poin kebijakan yang fokus mendukung industri dalam negeri terutama perusahaan padat karya dan non padat karya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memastikan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid VII pada Jumat sore ini (4/12/2015) di Istana Negara. Pengumuman tersebut karena ada permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah tiga pekan tertunda.

"Kemungkinan jadi diumumkan sekitar pukul 16.30 WIB. Karena Presiden mengatakan lebih baik diumumkan saja. Tapi saya tetap harus lapor," ujar Darmin di kantornya, Jakarta, hari ini.

Ia menjelaskan, ada beberapa poin kebijakan yang fokus mendukung industri dalam negeri, khususnya perusahaan padat karya maupun non padat karya.

Lantaran Desk Khusus Investasi Tekstil dan Sepatu di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menerima laporan sebanyak 50 perusahaan tekstil dan sepatu dengan potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 24 ribu karyawan.

"Fasilitas ini supaya mereka tidak terdorong untuk PHK. Jadi diberikan insentif Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 sebesar 50 persen tapi jumlah karyawan harus ada ketentuannya," terang Darmin.

Dia menuturkan, saat ini pengusaha sepakat membuka semua data karyawan untuk mendapatkan PPh Pasal 21 mengingat data tersebut sudah masuk melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sehingga tidak akan ada lagi penolakan seperti 2008 lalu.  "Satu lagi poin di paket kebijakan ekonomi soal sertifikasi tanah petani rakyat," pungkas Darmin.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.