Sukses

Tiket Pesawat Natal dan Tahun Baru Ludes Terjual

Kebanyakan tiket terjual untuk destinasi Bangka Belitung, Yogyakarta, Bali, dan Lombok untuk dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket (Astindo) menyatakan, penjualan tiket untuk Hari Raya Natal dan Tahun Baru telah ludes terjual. Tiket yang habis terutama dari 24 Desember hingga 1 Januari 2015.

Wakil Sekjen Astindo Pauline Suharno menuturkan, kebanyakan tiket terjual untuk destinasi Bangka Belitung, Yogyakarta, Bali, dan Lombok untuk dalam negeri. Kemudain untuk luar negeri untuk tujuan Bangkok, Singapura, Hong Kong dan Jepang.

"Itu penuh semua," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (5/12/2015).

Namun begitu, dia belum menyebut berapa jumlah tiket yang terjual. Dia mengatakan, jumlah tiket yang terjual mengikuti kapasitas yang disediakan oleh maskapai penerbangan.


"Kalau basically yang disediakan maskapai, atau memperbanyak selama tersedia kita jual. Sudah tidak dipastikan, tergantung maskapai," paparnya.

Melihat kondisi tersebut, Pauline mengatakan tetap melayani penjualan tiket. Namun, konsumen mesti masuk daftar tunggu (waiting list) jika mereka berkenan. Alternatif lain, kata dia anggota asosiasi akan menawarkan alternatif tujuan dan waktu penerbangan yang lain.

Akan tetapi, dia menuturkan permintaan tiket sudah menurun. "Permintaannya menurun tapi masih ada. Kan ada yang switch. Ada yang jauh jadi menengah, trennya seperti itu, ada yang menginap bintang 3 jadi bintang 4," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.