Sukses

Pupuk Indonesia Angkat Direksi Baru

Guna menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, Pupuk Indonesia akan terus melakukan pengembangan-pengembangan dan investasi.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan untuk mengubah susunan direksi PT Pupuk Indonesia (Persero). Keputusan tersebut berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Nomor : SK-243/MBU/12/2015 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur dan Pengangkatan Anggota Direksi, pada tanggal 4 Desember 2015.

Kementerian BUMN selaku pemegang saham pengendali dari Pupuk Indonesia memutuskan untuk mengangkat Aas Asikin Idat diangkat sebagai Direktur Utama, menggantikan Arifin Tasrif.  Kementerian juga mengangkat jajaran direksi lain, yaitu Gusrizal, M Djohan Safri dan Indarto Pamoengkas. 

Aas Asikin Idat sendiri sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kaltim dan juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kujang. 


Aas menjelaskan, Pupuk Indonesia siap mendukung penuh program ketahanan pangan. "Keberadaan kami yang utama adalah untuk menunjang ketahanan pangan melalui jaminan pasokan pupuk", jelasnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (9/12//2015). 

Ia melanjutkan, dalam memimpin Pupuk Indonesia ia tidak akan meninggalkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh direksi lama. Selain itu, ia juga berterimakasih kepada direksi sebelumnya yang telah membangun pondasi yang baik bagi Perusahaan.

"Kami akan meningkatkan lagi distribusi pupuk, khususnya untuk pupuk bersubsidi, dengan mengoptimalkan lagi sistem distribusi yang ada", lanjutnya. Selain itu, perusahaan juga akan meningkatkan terus efisiensi.

Aas menambahkan bahwa guna menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, Pupuk Indonesia akan terus melakukan pengembangan-pengembangan dan investasi, antara lain dengan pengembangan produk-produk yang masih merupakan produk downstream dari core business perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan direksi Pupuk Indonesia

Dengan pengangkatan ini, maka susunan Direksi baru PT Pupuk Indonesia (PIHC) yang baru adalah sebagai berikut:

Aas Asikin Idat (Direktur Utama)

Aas Asikin Idat menjabat sebagai Direktur Utama Pupuk Indonesia sejak 4 Desember 2015. Aas memang bukan orang baru di dunia pupuk. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur  untuk periode 2010 hingga 2015. Sebelumnya Pemilik gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akutansi dari Universitas Padjadjaran, Bandung ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kujang untuk periode 2004 hingga 2010.

Nugraha Budi Eka Irianto (Direktur)

Nugraha lahir di Kalianget, Jawa Timur, 17 November 1962. Diangkat sebagai Direktur Investasi dan Pengembangan sejak 29 Agustus 2012. Meraih gelar Insinyur Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung 1986. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Produksi Pupuk Kalimantan Timur dan berkarir di PT Pupuk Kaltim sejak tahun 1986.

Koeshartono (Direktur)

Koeshartono lahir di Mojokerto, 3 April 1958. Menjabat Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia sejak 29 Agustus 2012. Meraih gelar Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1981. Ia mengawali karirnya di PT Petrokimia Gresik sejak 16 Nopember 1981. Setelahnya ia menempati berbagai posisi jabatan di PT Petrokimia Gresik. 

M. Djohan Safri (Direktur)

Lahir di Surabaya pada 22 Mei 1963. Memperoleh gelar Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 1987. Mengawali karir di PT Pusri sejak tahun 1987 di Departemen Teknik Produksi, hingga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan sejak tahun 2007-2008. Pada tahun 2008-2010 dipercayai sebagai GM SBU Perkapalan dan menjabat Direktur Pusri sejak tahun 2011-2015. 

Gusrizal (Direktur)

Menjabat sebagai Direktur sejak 4 Desember 2015. Ia mendapat gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung pada 1989 dan gelar Master dalam Manajemen Pengiriman dari World Maritime Inversity Swedia pada tahun 1998. Gusrizal bergabung dengan Pertamina pada tahun 1990 dan sebagian besar karir di bidang pengiriman, pemasaran dan pengembangan bisnis.

Indarto Pamoengkas (Direktur)

Setelah menyelesaikan SMA di madiun, Indarto Pamoengkas hijrah di Universitas Airlangga Surabaya. Ia cukup baru di dunia pupuk. Sebagian besar karirnya ada di dunia keuangan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Senior Vice President Corporate Banking PT Bank Mandiri Tbk. (Yas/Gdn)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini