Sukses

Strategi OJK Dorong Perusahaan Go Public

Jumlah perusahaan yang melepas saham ke publik pada 2015 relatif rendah lantaran ekonomi melambat.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan dua strategi untuk mendorong perusahaan dalam negeri melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2016.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, strategi pertama agar perusahaan domestik masuk pasar modal ialah menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Langkah tersebut ditempuh untuk mengidentifikasi perusahaan potensial yang bakal masuk pasar modal.

"Tahun depan 2016 kita akan bicara Kadin. Kadin akan mengidentifikasi size yang akan kita usahakan semacam calon-calon IPO," kata dia di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Kedua, OJK akan menggandeng perbankan. Hal tersebut ditempuh untuk mengetahui nasabah-nasabah besar dan punya potensi masuk BEI.

"Kita sedang mengidentifikasi nasabah besar dari bank yang belum dan punya potensi. Kita lirik dan kita edukasi," ujar dia.

Memang diakui, perusahaan yang melepas saham pada tahun ini memang sedikit. Hal tersebut dikarenakan kondisi perekonomian yang tidak baik yang didorong beberapa faktor seperti kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika (AS), melemahnya harga komoditas, serta pelemahan ekonomi China.

"Tidak mudah karena lesunya ekonomi mempengaruhi. Minat orang yang go public," tandas dia. (Amd/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

Video Terkini