Sukses

Harga Minyak Anjlok, Menaker Belum Terima Laporan PHK

Penurunan harga minyak dunia merupakan kondisi yang tak menguntungkan bagi perusahaan minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan harga minyak dunia merupakan kondisi yang tak menguntungkan bagi perusahaan minyak. Maka, dengan kondisi tersebut berhembus kabar jika perusahaan minyak melakukan efisiensi seperti pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengaku belum mendapatkan laporan terkait dengan PHK tersebut. Dia mengatakan akan melakukan klarifikasi.

"Belum dapat laporan soal itu, nanti kita cek‎," katanya Jakarta, Selasa (18/1/2016).

Indonesian Petroleum Association (IPA) memperkirakan ada pengurangan tenaga kerja di sektor migas karena anjloknya harga minyak dunia.

Direktur IPA Sammy Hamzah mengatakan penurunan harga minyak dunia berdampak pada pengurangan tenaga kerja khususnya pekerja di bagian eksplorasi, yang berstatus kontrak dan subkontraktor.


"Saya tidak pungkiri akan ada pelepasan dalam waktu ke depan, bahkan sudah terjadi sekarang. Bidangnya itu pertama eksplorasi. Kedua sifatnya supportif, misal yang dua orang menjadi satu orang" ujarnya.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said bilang, tidak bisa mencampuri keputusan perusahaan seperti PT Chevron Pasific Indonesia untuk memutus para pekerjanya. Dia menuturkan, sedang melakukan konfirmasi terhadap kabar pemecatan tersebut.

"Itu kan tindakan korporasi Chevron. Kami tidak bisa ikut campur tandasnya," jelas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini