Sukses

Mencari Dirjen Pajak Baru

Menkeu Bambang Brodjonegoro telah menyodorkan nama Ken Dwijugiasteadi sebagai calon tunggal Dirjen Pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Teka teki siapa Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan definitif mulai terkuak. Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro dikabarkan telah menyodorkan nama Ken Dwijugiasteadi sebagai calon tunggal Dirjen Pajak tetap kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menkeu sudah mengusulkan Ken sebagai satu-satunya (calon Dirjen Pajak) ke Presiden. Dia yang memang diusulkan," ucap Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Sayangnya, Sofjan mengaku belum mengetahui apakah usulan nama tersebut telah disetujui Presiden Jokowi untuk ditetapkan dan dilantik sebagai Dirjen Pajak tetap.

Apabila Presiden menyetujui usulan tersebut, sambungnya, jalan pengangkatan Ken Dwijugiasteadi yang saat ini Plt Dirjen Pajak menjadi Dirjen Pajak akan berjalan mulus.

"Saya belum pernah tahu, apakah sudah disetujui Presiden. Lagipula Presiden sedang pergi, belum pulang. Jadi keputusannya belum tahu setuju atau tidak, apakah beliau mau terima atau harus melalui proses lagi," jelasnya.

Jika merujuk pada pernyataan Menkeu sebelumnya bahwa pengangkatan Dirjen Pajak sedang menunggu Keputusan Presiden (Keppres), Sofjan mengaku, itu artinya Jokowi belum menyetujui atau menerima Ken sebagai orang nomor satu di Ditjen Pajak Kemenkeu.

Saat ini, Presiden Jokowi beserta Ibu negara dan rombongan sedang bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk kunjungan kerja selama beberapa hari ke depan. Presiden dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 19 Februari 2016.

Atas dasar kesibukan tersebut, Sofjan memperkirakan bahwa pelantikan Dirjen Pajak mustahil digelar pada pekan ini. "Saya tidak percaya minggu ini pelantikannya, karena Presiden belum pulang. Tidak harus juga (pengangkatan) di Februari," terangnya. (Fik/Gd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini