Sukses

Hujan, Harga Cabai dan Bawang Merah Melonjak

Harga bawang merah dan cabai mengalami kenaikan jelang akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah dan cabai naik menjelang akhir pekan ini. Kenaikan tersebut disebabkan musim hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Ibu Kota sehingga menghambat pasokan barang.

Sarti, salah satu pedagang sayuran d‎i PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan, kenaikan tersebut telah terjadi sejak 25 Februari lalu. Sebagai contoh, harga bawang merah yang sebelumnya dipatok Rp 25 ribu per kg, kini dijual dengan harga Rp 45 ribu per kg.

"Bawang merah bulan lalu itu sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu, sekarang Rp 45 ribu per kg. Naiknya sejak tanggal 25 kemarin, terus naik sampai sekarang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

 

Selain bawang merah, harga sejumlah jenis cabai juga mengalami kenaikan. Cabai merah keriting yang biasanya dijual Rp 30 ribu kini naik menjadi Rp 55 ribu per kg. Hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit merah. Jenis cabai ini bahkan naik Rp 25 ribu dari sebelumnya Rp 20 ribu menjadi 50 ribu per kg.

"Cabai rawit hijau sekarang saja Rp 40 ribu, biasanya kan cuma Rp 20 ribu. Cabai besar yang paling mahal, sekarang sudah Rp 70 ribu per kg. Pernah 1 kg itu naiknya sampai Rp 10 ribu dalam sehari," jelasnya.

Menurut Sarti, kenaikan ini memang menjadi siklus saat datangnya musim hujan. Selain karena pasokan yang terhambat akibat turunnya hujan dan banjir, kenaikan tersebut juga biasanya karena sayuran lebih cepat membusuk saat musim hujan.

"Sudah biasa bulan-bulan seperti sekarang ini harganya naik. Karena hujan jadi pasokannya terlambat. Tapi barang ada terus, belum ada yang sampai kosong," tandasnya.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com.

Cabai merah keriting Rp 55 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 70 ribu per kg
Bawang merah Rp 45 ribu per kg
Buncis Rp 16 ribu per kg
Jengkol Rp 30 ribu per kg
Jagung Rp 8.000 per kg
Timun Rp 8.000 per kg
‎Wortel Rp 12 ribu per kg
Tomat Rp 15 ribu per kg
Daun sawi Rp ‎10 ribu per kg
Kol Rp 7.000 per kg
Bawang putih Rp 33 ribu per kg
Kentang Rp 12 ribu per kg
Daun bawang Rp 18 ribu per kg
Kelapa parut Rp 8 ribu per buah
Bawang bombay Rp 26 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.