Sukses

Suku Bunga AS Tetap Bikin Harga Emas Berkilau

Harga emas turut dipengaruhi berbagai kebijakan di Amerika Serikat.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia naik 2 persen menjadi US$ 1.260 per ounce, seusai Federal Reserve (The Fed) mengindikasikan jika perekonomian Amerika Serikat terus dibayangi risiko kondisi ekonomi global yang tidak menentu, yang bisa menekan dolar.

Harga emas di pasar spot melonjak 2,3 persen menjadi US$ 1.260,61 per ounce, setelah diperdagangkan turun 0,4 persen menjadi US$ 1.226,87 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman April turun 0,1 persen menjadi US$ 1.229,80 per ounce, melansir laman Reuters, Kamis (17/3/2016).

Bank sentral AS memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya, usai menggelar pertemuan selama dua hari. Ini sesuai dengan harapan. Namun, proyeksi dari pembuat kebijakan ini juga menunjukkan jika mereka mengharapkan kenaikan suku bunga hingga seperempat poin pada akhir tahun ini.


Alhasil, nilai tukar dolar berbalik lebih rendah setelah pernyataan itu. Mata uang ini jatuh 0,6 persen terhadap sekeranjang mata uang utama, dan menjadi sumber dukungan untuk logam mulia.

Volatilitas dalam ekuitas dan harga minyak, data ekonomi campuran, dan kekhawatiran atas pertumbuhan global telah menahan harapan untuk kenaikan lebih lanjut, sehingga emas naik lebih dari 17 persen tahun ini.

"Rata-rata penurunan mencapai 50 basis poin untuk 2016 dan 2017 dikombinasikan dengan komentar defensif. Ketakutan soal 'risiko global' membuat harga emas melonjak setelah dua tahun menurun dan dolar berada di bawah tekanan berat," kata Tai Wong, Direktur Perdagangan Logam Mulia BMO Capital Markets di New York.

The Fed memang telah diperkirakan untuk mempertahankan suku bunga jangka pendeknya tidak berubah. Kenaikan suku bunga pun tidak terlalu jauh asalkan kondisi pasar kerja dan inflasi terus meningkat.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed