Sukses

Kementerian Perhubungan Berencana Pindahkan Bandara Wasior

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Selasa, 5 April 2016 kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Selasa, 5 April 2016 kemarin. Pelabuhan yang masuk dalam kategori pelabuhan pengumpul ini telah selesai dibangun Kementerian Perhubungan pada 2015 dengan dana APBN sebesar Rp 79 miliar.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam laporannya menyampaikan, Pelabuhan Wasior dibangun setelah bencana banjir bandang yang menghantam Wasior pada tahun 2010.

Pembangunan fasilitas pelabuhan ini, kata Jonan, meliputi dermaga seluas 174 x 10 meter persegi.Trestle I seluas 48x8 meter persegi,trestle II seluas 47x8 meter persegi,causeway I seluas 160x6 meter persegi dancauseway II seluas 127x8meter persegi serta reklamasi 12500 meter persegi.

Pelabuhan ini dapat menampung kapal berukuran 3.500 DWT, dengan faceline dermaga -10mLWS. Dengan demikian, Pelabuhan Wasior merupakan salah satu pelabuhan yang dilalui oleh jalur tol laut. "Dengan pelabuhan Wasior ini konektivitas barang dan orang di Papua Barat akan lebih mudah," kata Jonan Rabu (6/4/2016).

Saat peresmian pelabuhan tersebut, Jonan meminta izin kepada Presiden untuk memindahkan Bandara Wasior yang terletak dekat pelabuhan ke lahan yang lebih luas. "Lahannya akan disediakan Pemda," jelas Jonan.

Jokowi dalam sambutannya menegaskan pembangunan pelabuhan dan bandara bertujuan untuk terpenuhinya konektivitas. "Kalau konektivitas terbangun dengan baik, arus barang dan manusia dapat terlaksana dengan baik, dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi," tegas Jokowi.

Jokowi juga menyinggung program Tol Laut yang merupakan langkah pemerintah untuk menegaskan bahwa Indonesia merupakan bangsa maritim. Dengan Tol Laut sistem logistik antarpulau dan di dalam kepulauan akan terhubungkan.

"Tol Laut itu menghubungkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, distribusi barang akan semakin lancar sampai ke pelosok-pelosok," tegas Jokowi. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.