Sukses

Tol Pejagan-Pemalang Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik

Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 kilometer (km) diharapkan bisa beroperasi pada Mei ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 kilometer (km) dapat beroperasi pada Mei atau lebih cepat dari rencana penyelesaian semula yaitu di Agustus 2016. langkah tersebut untuk memperlancar arus mudik pada Lebaran nanti.

"Saat ini sedang dalam proses layak fungsi, mudah-mudahan Mei sudah bisa dioperasikan sambil diselesaikan rambu-rambu dan prasarana lainnya," tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2016).

Mengenai tarif, Herry mengatakan bahwa saat ini sedang disusun surat keputusan (SK) diBPJT.

Jalan tol ruas Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,50 km dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat) - 14,20 km, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur) - 6 km, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur) - 10,40 km dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat) - 26,90 km.

Sedangkan untuk ruas tol Kanci-Pejagan yang saat ini sudah diambil alih pengelolaannya oleh PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya Persero Tbk, juga ditargetkan perbaikan jalan bisa rampung di Bulan Juni.

"Ini diperbaiki semua, sekarang sudah 60 persen pengerjaan mudah-mudahan Juni nanti sudah selesai sudah diaspal semua. Betonnya ini sebagai batuan dasarnya, pondasi ini sudah bagus," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Hampir 80 persen dari panjang 35 km ruas tol Kanci-Pejagan harus diperbaiki. Untuk perbaikan jalur A (arah Kanci ke Pejagan) perbaikannya telah dimulai sejak 4 Desember 2015 dan berakhir Juni 2016. Sedangkan jalur B (arah Pejagan ke Kanci) perbaikannya baru akan dimulai 31 Maret 2017.

"Karena ini (jalur A) yang lebih parah, dulu kan kita waktu mau mudik tahun lalu kesini dan sedang diperbaiki tapi ternyata tidak total lalu diambil alih Waskita (karya) dan Adhi (karya) lalu diperbaiki total," tambah Menteri Basuki.

PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengambil alih pengelolaan jalan tol ruas Kanci - Pejagan dengan porsi kepemilikan 75:25, perbaikan jalan tol dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.