Sukses

5 Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Daftar ini diukur dengan mengkompilasi tingkat harga kebutuhan yang dijual di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara memiliki tingkat biaya hidupnya masing-masing. Angka biaya hidup ini biasanya ditentukan dari pendapatan per kapita yang diterima oleh penduduknya.

Data yang dikumpulkan oleh Numbeo mengungkap beberapa negara dengan biaya hidup termahal. Data ini didapat dengan mengkompilasi tingkat harga kebutuhan yang dijual di negara tersebut.

Nilai diukur dengan menggunakan indeks harga konsumen. Semakin tinggi nilai yang didapat maka semakin tinggi pula biaya hidup di negara tersebut.

Mengutip profitconfidential.com, Kamis (2/6/2016), berikut 5 negara dengan biaya hidup termahal di dunia:

5. Islandia

Indeks Harga Konsumen: 96,45
Indeks Harga kebutuhan sehari-hari: 91,40

Islandia merupakan negara yang berbatasan dekat dengan kutub utara. Negara yang memiliki populasi 323 ribu ini memiliki lokasi yang sulit dijangkau. Hal tersebut mengakibatkan pemerintah Islandia yang harus mengimpor barang-barang kebutuhan sehari-hari. Alhasil harga barang di negara ini pun memiliki harga yang mahal.

4. Norwegia
Indeks Harga Konsumen: 99,8
Indeks Harga kebutuhan sehari-hari: 93,27

Norwegia merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki potongan pajak tertinggi untuk penduduknya. Hal ini pun berimbas pada harga-harga barang kebutuhan sehari-harinya. Contohnya saja, air minum dan susu di Norwegia memiliki harga dua kali lebih mahal dibanding harga di Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahama

3. Bahama
Indeks Harga Konsumen: 99,8
Indeks Harga kebutuhan sehari-hari: 93,27

Bahama merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 700 pulau. Selain sebagai salah satu negara tujuan wisata, Bahama juga merupakan negara dengan kekuatan ekonomi lepas pantai paling baik. Sama halnya dengan Islandia, barang-barang kebutuhan di Bahama sebagian besar diimpor. Oleh karena itu, negara ini memiliki harga barang-barang yang jauh lebih mahal.

2. Swiss
Indeks Harga Konsumen: 123,10
Indeks Harga kebutuhan sehari-hari: 123,86

Swiss merupakan salah satu negara dengan tingkat pendapatan minimum paling tinggi di dunia. Namun, harga barang-barang kebutuhan pribadi di negara ini juga tidak kalah mahal. Harga air minum misalnya lebih mahal 145 persen dibanding harga air minum di Amerika Serikat.

1. Bermuda
Indeks Harga Konsumen: 123,10
Indeks Harga kebutuhan sehari-hari: 123,86

Peringkat pertama ditempati oleh Bermuda. Negara dengan luas wilayah yang kecil ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian paling baik di dunia. Harga barang kebutuhan di negara ini juga sangat mahal. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini