Sukses

Menhub Minta Pelindo I Kembangkan Pelabuhan Sibolga‎

Keberadaan Pelabuhan Sibolga sangat penting karena adanya ketergantungan dari beberapa daerah di sekitarnya seperti masyarakat Nias.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I untuk mengembangkan Pelabuhan Sibolga di Sumatera Utara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai keberadaan Pelabuhan Sibolga sangat penting karena adanya ketergantungan dari beberapa daerah di sekitarnya seperti masyarakat Nias, untuk menjalankan aktifitas dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Peran Pelabuhan Sibolga cukup ideal untuk meningkatkan konektivitas barang dan penumpang di daerah Sumatera Utara dan daerah lain sekitarnya agar lebih baik lagi,” ujar Menhub dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/8/2016).

Pengembangan pelabuhan dan bandara tersebut, menurut Menhub, juga diperlukan agar konektivitas ke pusat berjalan dengan baik. Selain, lancarnya distribusi barang atau penumpang ke Nias, Medan, Padang atau daerah lainnya.

Untuk target pelaksanaan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Menhub Budi menyatakan, ini akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. “Anggaran mestinya ada tahun depan dari PT Pelindo I dan anggarannya cukup besar,” ujar dia.

Dia menegaskan, Kementerian Perhubungan selalu mendorong pengembangan terminal barang dan terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga berada dalam satu lokasi pelabuhan.

“Saat ini terminal penumpang berada di tempat lain dan kondisinya pun kurang layak serta bergabung dengan tempat pelelangan ikan,” tutur dia.

Menhub Budi juga menjelaskan akan membuat tempat pelelangan ikan yang lebih baik. Apalagi dengan pemerintah daerah yang menghibahkan aset kepada pelabuhan perikanan untuk dikelola, potensi perikanan di Sibolga akan semakin berkembang.(Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini