Sukses

Ini Alasan Gitar `Metallica` Jokowi Tidak Ikut Dilelang

Gitar bazz Metallica milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ikut tampil di acara lelang barang gratifikasi. Kenapa gitar ini tak dilelang?

Masih ingatkah Anda dengan Gitar bazz merek Ibanez Artcore AGB 140 yang ditandatangani oleh personel band Metallica Robert Trujillo milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo?

Pada hari ini gitar senilai Rp 8,5 juta itu juga ikut tampil di acara lelang barang-barang gratifikasi yang digelar Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan di Istora Senayan, Jakarta.

Gitar bazz tersebut dinyatakan barang gratifikasi oleh Ketua KPK pada 7 Mei 2013 setelah diterima oleh Gubernur DKI Joko Widodo pada 26 April 2013 di Jakarta. Sayangnya, gitar itu hanya dipajang dan tidak ikut dilelang.

Kenapa tidak ikut dilelang?

"Itu (gitar) kami tetapkan untuk KPK, dengan status penggunaan untuk KPK. KPK kan tugas fungsinya pecegahan (gratifikasi).  Jadi itu barang display KPK, tidak ikut dilelang," kata seorang petugas lelang saat ditemui Liputan6.com di Istora Senayan, Rabu (11/12/2013).

Acara lelang barang-barang gratifikasi berlangsung bersamaan dengan acara Pekan Anti Korupsi 2013. Barang yang akan dilelang sebanyak 78 item barang diantaranya berupa logam mulia, handphone, kalung mutiara, jam tangan, tas kulit, dan voucher belanja.

Menurut seorang petugas lelang dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, barang yang dilelang merupakaan hasil sitaan KPK yang sudah menjadi barang negara, dalam satu tahun ini ada tiga kali pelelangan benda hasi gratifikasi tersebut.

"Barang dari KPK diserahkan ke kami, dalam setahun sudah tiga kali, 78 benda hasil gratifikasi," pungkas petugas yang enggan disebutkan namanya itu. (Pew/Ndw)

Baca juga:

Gitar `Metallica` Punya Jokowi Cuma Dipajang di Acara Lelang

Yuk Datang ke Senayan, Hari Ini Ada Lelang 78 Barang Gratifikasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.