Sukses

[VIDEO] Market Update: Menanti Kabar Tapering The Fed

Perhatian pelaku pasar global dan regional tertuju pada pertemuan FOMC Meeting pada 17-18 Desember 2013.

Perhatian pelaku pasar global dan regional kemungkinan  tertuju pada pertemuan Federal Open Market Committee Meeting (FOMC Meeting) pada 17-18 Desember 2013 ini.

Pelaku pasar menunggu pengumuman realisasi rencana penarikan dana stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve dalam pertemuan tersebut.

Spekulasi rencana penarikan dana stimulus moneter AS ini memang kembali hangat sejak pekan lalu. Hal ini ditandai sejumlah data ekonomi AS membaik seperti klaim pengangguran turun dan data ritel penjualan menguat tipis.

Data ekonomi AS membaik itu membuat spekulasi pasar kalau bank sentral AS akan mempercepat penarikan dana stimulus moneternya. Namun sejumlah kalangan menilai, penarikan dana stimulus moneter itu belum tentu akan dilakukan pada 2013 ini.  Bank sentral AS masih membutuhkan data ekonomi kuat untuk melakukan penarikan data stimulus moneter tersebut.

Kemungkinan pertemuan bank sentral Amerika Serikat melalukan tapering ini akan mempengaruhi pergerakan indeks saham selama sepekan ini. Meski Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan cukup volatile di tengah sentimen pertemuan bank sentral Amerika Serikat itu, pelaku pasar mengharapkan pergerakan indek saham dapat kembali bergerak di zona hijau didorong aksi window dressing.

Lalu di tengah sentimen penarikan dana stimulus moneter itu, sektor saham apa saja yang masih menarik pada tahun depan? Apakah bank sentral AS akan melakukan penarikan dana stimulus moneternya pada tahun ini? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Research Analyst PT Recapital Securities, Agustini Hamid: (Yas/Ahm)

Baca Juga:

[ULASAN PASAR] Kecemasan Terhadap Tapering Bikin IHSG Tertekan

[VIDEO] Market Update: IHSG Fokus pada Pertemuan The Fed

Prediksi IHSG: Mungkinkah Penguatan Masih Berlanjut?


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini