Sukses

Harga Emas Berkilau Terimbas Pelemahan Dolar AS

Harga emas ditutup menguat pada perdagangan postholiday seiring para pedagang yang masih meninggalkan pasar.

Harga emas ditutup menguat pada perdagangan postholiday seiring para pedagang yang masih meninggalkan pasar menjelang akhir tahun dan pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) mendorong daya tarik pembelian emas.

Emas untuk pengiriman Februari, kontrak yang paling aktif diperdagangkan, naik US$ 9 per ounce atau 0,8% menjadi US$ 1.212,30 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange, melansir Wall Street Journal, Jumat (27/12/2013).

Perdagangan emas berjangka tetap tenang dengan berbagai kondisi pasar di Eropa masih banyak yang tutup dan banyak investor yang bermengambil cuti antara liburan Natal dan Tahun Baru.

Harian volume perdagangan emas berjangka turun 70 % antara 20 Desember dan 24 Desember, menurut data Comex.

"Sebagian besar keuntungan emas baru-baru ini berasal dari bearish yang bertaruh pada harga yang lebih rendah menjelang akhir tahun ini," kata George Gero, Wakil Presiden Senior RBC Capital Markets Futures Global.

Harga emas telah berbaris lebih tinggi dalam beberapa hari terakhir bahkan ketika jumlah kontrak terbuka berjangka menurun.

Ini adalah tanda bahwa daripada investor bullish baru, keuntungan emas yang datang sebagai taruhan pada harga emas yang lebih rendah atau posisi pendek sedang dibeli kembali.

Namun , dengan harga emas berada pada jalur penurunan tahunan pertama mereka dalam 13 tahun, pedagang memiliki beberapa alasan untuk kecewa. Harga emas turun 28% di Comex sepanjang tahun ini .

Pelemahan dolar , yang menurun terhadap mata uang negara lainnya memberikan dorongan kepada emas. Indeks Dollar baru-baru ini turun ke level 80,491 dari 80,608 sebelumnya.

Emas diperdagangkan dalam dolar dan menjadi lebih murah bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya ketika dolar melemah.(Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com.

Baca juga

Libur Natal, Jual Beli Emas Tak Bergairah

Pegadaian Kantongi Rp 1,3 Triliun dari Jualan Emas

Harga Emas Diprediksi Tetap Berkilau di 2014




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini