Sukses

Konsumen: "Kemarin Sudah Naik, Sekarang Naik Lagi?"

Sebagian besar masyarakat di sektor rumah tangga terutama pengguna elpiji 12 kilogram (kg) keberatan dengan kenaikan harga elpiji 12 kg.

Langkah PT Pertamina (Persero) untuk menaikan harga gas elpiji ukuran 12 kilogram (kg) per 1 Januari 2014 ini mendapat tanggapan dari masyarakat. Sebagian besar masyarakat terutama para pengguna di sektor rumah tangga merasa keberatan dengan kenaikan harga tersebut.

Seperti diungkapkan Siti Sarah (35), ibu rumah tangga yang berdomisili di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Dia mengatakan, meskipun tidak mengetahui jika harga elpiji 12 kg ini kembali naik, namun dia mengaku keberatan dengan kenaikan tersebut.

"Padahal kemarin (1 Desember 2013) sudah naik, sekarang naik lagi, baru sebentar sudah naik lagi," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (1/1/2014).

Dia menjelaskan, alasannya tetap menggunakan elpiji 12 kg dan tidak beralih ke elpiji 3 kg karena dia mengaku sering memasak untuk keluarga besar, sehingga jika menggunakan elpiji 3 kg harus sering mengganti gas tersebut.
"Kalau yang 3 kg repot harus sering ganti. Sekarang saja harganya sudah Rp 95 ribu, kalau naik lagi bisa berapa?," keluh Sarah.

Hal yang sama juga dikeluhkan oleh Mira (41) pemilik rumah makan padang di sekitar Pasar Santa, Jakarta Selatan. Dia mengaku kaget dengan kenaikan harga elpiji 12 kg.
"Iya waktu itu saya dengar memang mau naik tahun ini, tetapi saya pikir waktu itu dipercepat jadi Desember (2013) kemarin. Ternyata sekarang naik lagi," kata Mira.

Menurut Mira, gas elpiji 12 kg ini sangat penting bagi pengusaha warung makan seperti dirinya. Dalam sehari dia bisa menggunakan 3-4 tabung elpiji 12 kg ini. "Buat kita itu penting buat masak makanan ini, apalagi kalau lagi banyak pesanan sehari bisa butuh 7 tabung," jelas Mira.

Meski demikian, dia mengaku hanya pasrah dengan adanya kenaikan harga elpiji ini. Dirinya sendiri masih belum berencana untuk menaikan harga makanan yang dijualnya. "Kalau harga sulit untuk dinaikkan, tapi kalau terpaksa ya saya naikkan. Tapi lihat dulu naiknya berapa. Mudah-mudahan enggak besar," tandas Mira. (Dny/Ahm)

Baca Juga:

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

Harga Elpiji 12 kg Naik, Apa Alasan Pertamina?

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Beratkan Sektor Rumah Tangga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.