Sukses

Beda dengan RI, Harga Elpiji di Filipina Justru Turun

Petron, perusahaan Migas terbesar Filipinan memutuskan menurunkan harga jual gasnya sebesar 7,65 peso per Kg.

Di awal tahun baru, PT Pertamina (Persero) memutuskan kembali menaikkan harga gas elpiji non subsidi kemasan 12 kilogram (kg) menjadi sekitar Rp 117.708. Kebijakan berbeda justru diambil perusahaan dari negeri tetangga, Petron Corporation yang menurunkan harga jual gas pada hari yang sama.

Uniknya, seperti mengutip laman Inquirer.com, Rabu (1/1/2014), kedua negara ASEAN ini sebelumnya sama-sama memutuskan menaikkan harga jual elpiji, meski akhirnya rencana Pertamina hanya memicu simpang siur.

Pertamina sebelumnya digadang-gadang bakal berencana menaikkan harga elpiji 12 kg sebesar Rp 3.600-7.200 pada awal Desember 2013.Petron sendiri telah dua hari lebih menaikkan harga gas sebesar 14,3 peso per kg.

Namun tepat di malam tahun baru, dua perusahaan minyak asal Filipina dan Indonesia, masing-masing Petron dan Pertamina justru mengambil kebijakan yang berbeda.

Perusahaan minyak terbesar di Filipina, Petron, memutuskan untuk menurunkan harga elpiji di negaranya sebesar 7,65 peso per kg. Sebaliknya, secara mengejutkan Pertamina justru menaikkan harga elpiji nonsubsidi 12 kg sebesar 68% atau sekitar 3.959 per kg.

Saat ini, harga elpiji nonsubsidi 11 kg di Filipina berada di level sekitar 900 peso atau setara Rp 247 ribu (kurs: Rp 274 per peso). Sementara saat ini, harga elpiji nonsubsidi 12 kg di Indonesia dijual seharga Rp 122.400.

Dari penelusuran Liputan6.com, Filipina juga termasuk salah satu negara di kawasan ASEAN yang memberikan alokasi subsidi. Berbeda dengan Indonesia, jatah subsidi yang diberikan terbilang lebih sedikit. Meski negara yang baru ditimpa musibah badai besar tersebut menurunkan harga elpijinya, tetap nilainya masih jauh lebih mahal di Indonesia.

Sementara itu, negara tetangga lainnya, Thailand tengah berusaha menarik subsidinya perlahan dengan mengurangi harga elpijinya secara bertahap mulai September tahun lalu. Begitu pula dengan Malaysia yang tengah berupaya keras meningkatkan harga gas nonsubsidi tersebut.(Sis/Shd)

Baca Juga

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

Harga Elpiji 12 kg Naik, Apa Alasan Pertamina?

Agen Minta Harga Elpiji 12 Kg Jangan Naik Lagi

Harga Elpiji 12 Kg di Jawa Naik Rp 3.600-7.200 per Tabung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini