Sukses

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pemerintah Cuma Bisa Pasrah

Pemerintah akhirnya pasrah dengan keputusan PT Pertamina (Persero) yang menaikkan harga elpiji 12 kilogram (Kg) mulai 1 Januari 2014.

Pemerintah akhirnya pasrah dengan keputusan PT Pertamina (Persero) yang menaikkan harga elpiji 12 kilogram (Kg) mulai 1 Januari 2014. Sikap tersebut merupakan langkah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu demi mengurangi beban utang perseroan yang semakin membumbung tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengakui, upaya Pertamina untuk menaikkan harga gas elpiji 12 kg atau non subsidi merupakan aksi korporasi dan tak perlu memohon restu kepada pemerintah.

"Memang itu (kenaikan harga elpiji) adalah corporate action, karena memang tidak perlu minta izin pemerintah. Dulu memang izin, karena mencari waktu yang tepat sebab timing sangat penting," kata dia usai menghadiri Pembukaan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Pemerintah, menurut dia, tidak dapat mengintervensi keputusan tersebut kecuali yang terkait dengan harga gas elpiji subsidi. Terlebih lagi, Pertamina sudah menetapkan keputusan itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Pemerintah tidak punya wewenang untuk mengintervensi harga kecuali menyangkut subsidi bersama DPR. Tapi kalau saya punya keinginan, tentu kita tahan, jangan dulu dinaikkan," terang dia.

Penyesuaian harga tabung gas elpiji, dinilai Hatta, karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menemukan kerugian cukup besar yang menimpa BUMN Migas ini karena harga jual lebih rendah dari harga produksi.

"Jadi kami tidak bisa mengintervensi perusahaan yang sudah menetapkan bahwa kenaikan harga mulai dilakukan pada Januari ini," ucapnya.

Terkait dampak penyesuaian harga terhadap inflasi, dia yakin akan lebih terukur. Sebab pemerintah memperkirakan inflasi tahun depan akan relatif lebih rendah dibanding 2013.

"Kuncinya ada di pangan dan harga-harga yang diatur pemerintah harus stabil. Supaya kenaikan elpiji tidak meningkatkan inflasi pada 2014," pungkas Hatta. (Fik/Ndw)

Baca juga:

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Picu Pengoplosan

Harga Elpiji Termurah Ada di Indonesia, Malaysia, Atau Thailand?

Beda dengan RI, Harga Elpiji di Filipina Justru Turun

Konsumen: "Kemarin Sudah Naik, Sekarang Naik Lagi?"

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.