Sukses

Resmi, Bandara Halim Dibuka Komersil Dua Hari Lagi

Menhub memastikan hasil pemeriksaan akhir menunjukan Bandara Halim Perdanakusuma siap untuk melayani penerbangan komersial.

Usai melakukan pemeriksaan akhir persiapan operasional Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma, Kementerian Perhubungan memastikan Bandara di kawasan timur Jakarta tersebut siap melayani penerbangan komersial pada Jumat, 10 Januari 2014.

Kesiapan tersebut dipastikan Menteri Perhubungan EE Mangindaan usai mengecek persiapan teknis hingga kesiapan para petugas Bandara.

"Hari ini semuanya sudah siap, besok petugas-petugasnya sudah datang semua jadi tanggal 10 (Januari 2014) saya declare sudah siap semua," ungkap Menhub di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (8/1/2014).

Untuk hari pertama, Bandara Halim rencananya akan menerbangkan 16 pesawat dari maskapai penerbangan Citilink dengan tujuan Halim-Yogyakarta, Halim-Semarang, dan Halim-Malang yang dilayani dengan pesawat tipe Airbus 320.

Bandara Halim hingga Februari baru akan melayani penerbangan dari maskapai Citilink. Nantinya, sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia akan memulai operasi di Bandara Halim pada Februari dilanjutkan Indonesia Air Asia pada Maret dan Lion Air di bulan berikutnya.

Dari hasil pemerikaan akhir ini, Menhub memastikan fasilitas Bandara Halim telah menyediakan parking stand untuk pesawat jenis Boeing 737-800, Boeing 737-900 ER sebanyak tiga lokasi dari 13 parking stand yang tersedia.

Sementara untuk fasilitas darat, Bandara Halim telah menyediakan terminal penumpang yang mampu menampung sekaligus tiga keberangkatan penumpang dan kedatangan penumpang dalam waktu saju jam.

Untuk lahan parkir, PT Angkasa Pura II telah menyediakan lahan parkir yang mampu menampung kurang lebih 700 kendaraan.

"Dengan pengoperasian Bandara Halim ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan di Bandara Sukarno Hatta sehingga akan mengurangi kemungkinan terjadinya delay," kata Menhub. (Yas/Shd)

Baca Juga

Siap Tidaknya Bandara Halim Ditentukan Hari ini?

Uji Coba Bandara Halim, Kemenhub Masih Tunggu Kesiapan Maskapai

Uji Coba Bandara Halim, 2 Pesawat Diterbangkan Mulai 10 Januari

Bandara Halim Komersil, Jokowi: Macet? Ndak Juga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini