Sukses

7 Pembangkit Listrik PLN Kini Pakai Bahan Bakar Biodiesel

PLN mendapat pasokan biodiesel dari tiga perusahaan nasional. Biodiesel itu akan dipakai untuk bahan bakar di tujuh pembangkit.

PT PLN (Persero) bakal menggunakan pasokan procesed palm oil (PPO) atau biodiesel berbahan dasar minyak kelapa sawit (CPO) di tujuh di tujuh pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) milik perseroan. Biodiesel itu akan dipasok dari tiga perusahaan yaitu PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk, PT Wilmar Nabati Indonesia dan PT Wilmar Cahaya Indonesia.

"Kami akan membuat pilot project di tujuh lokasi di Indonesia. Dua pembangkit sudah siap, lima akan diusulkan," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (20/1/2013).

Menurut dia, dengan kerjasama ini akan membuka pasar di dalam negeri, yang selama ini sebagian besar produksinya di ekspor keluar negeri.

"Ini menandaui tekad kita PLN produsen PPO memulai pasar baru di dalam negeri, PPO sebagai bahan bakar," tuturnya.

Ketiga perusahaan tersebut memiliki kapasitas masing-masing dalam memasok PPO untuk PLN, seperti Sinar Mas Agro sesuai kesepakatan akan memasok sebanyak 3.320 metrik ton PPO atau CPO per tahun bagi pembangkit listrik di Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Wilmar Nabati Indonesia, Eric Tja mengungkapkan, perusahaannya akan memasok sekitar 1.250 metrik ton untuk pembangkit listrik bagian Sumatera Bagian Utara, Medan dan 2.150 metrik ton untuk pembangkit listrik di Kalimantan Barat.

"Ketersediaan CPO dalam negeri banyak, tidak hanya untuk PLN tapi bisa BUMN dan swasta sehingga ketergantungan fosil bisa dikurangi," pungkasnya. (Pew/Ndw)

Baca juga:

440 Gardu Listrik Masih Padam hingga Senin Siang

Sinar Mas Pasok Biodiesel untuk Bahan Bakar Pembangkit PLN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.