Sukses

Mundur dari Mendag, Gita Wirjawan: Ini Langkah Terbaik

Gita Wirjawan resmi mundur dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan mulai 1 Februari 2014.

Gita Wirjawan resmi mundur dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan mulai 1 Februari 2014. Gita mundur karena ingin fokus dalam kompetisi Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat.

"Saya berharap langkah yang saya ambil ini merupakan langkah terbaik bagi Indonesia dan dapat menjadi preseden dalam perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia," kata Gita dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (31/1/2014).

Gita mengakui pengunduran diri ini didasari oleh dilema etis yang sudah lama terjadi, antara kesadaran tentang besarnya konflik kepentingan jika dirinya terlibat penuh dalam proses politik selama konvensi, sementara pada saat yang sama tetap menjalankan tugas dan kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Menteri Perdagangan.

Pada kesempatan yang sama, Gita mengucapkan terima kasih kepada istri dan keluarganya yang selalu mendukungnya masuk ke pemerintahan selama lebih dari empat tahun lalu.

Tak hanya itu, Gita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf Kementerian Perdagangan yang sudah mendukung kinerjanya selama ini.

"Pak Wakil Menteri Perdagangan, Pak Sekjen dan 3.000 saudara saya di Kemendag yang memberikan dukungan ke saya yang sangat besar sekali untuk mengeluarkan kebijakan untuk keepentingan rakyat," papar dia.

Gita berpesan agar kebijakan yang sudah dirilisnya termasuk Peraturan Menteri Perdagangan, Penuntasan Rancangan Undang-undang (UU) Perdagangan termasuk penyelenggaraan WTO yang mengedepankan negara miskin dan negara berkembang dapat dilanjutkan setelah dia mundur dari jabatannya. (Dny/Ndw)

Baca juga:

Gita Wirjawan Resmi Mundur dari Menteri Perdagangan

Nge-Tweet `Keputusan Penting`, Gita Wirjawan Umumkan Mundur?

Gita Wirjawan: Besok Saya akan Mengambil Keputusan Penting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.