Sukses

Siapa Pengganti Gita Wirjawan? Wamen: Tunggu Arahan Presiden

Kementerian Perdagangan menunggu keputusan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memutuskan siapa pengganti Gita Wirjawan.

Gita Wirjawan telah resmi mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan. Keputusan ini diambil lantaran dirinya ingin berkonsentrasi pada konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Wakil Menteri Pedagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menunggu keputusan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memutuskan siapa pengganti Gita.

"Kita tinggal tunggu bagaimana keputusan Presiden terkait Kementerian Perdagangan," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2014).

Dia menjelaskan, pengunduran diri Gita tidak akan mempengaruhi sistem dan kinerja Kemendag. Adapun peraturan yang sudah dikeluarkan akan tetap dijalankan.

"Sistem yang ada di Kementerian Perdagangan akan berjalan. Kebijakan yang sudah ditetapkan akan tetap berjalan. Kemendag adalah sebuah institusi, saya kita akan tetap berjalan, tidak perlu khawatir. Tapi kita memang menunggu arahan Presiden tentang kepemimpinan di Kementerian Perdagangan," lanjutnya.

Dengan pengumuman resmi ini, lanjut Bayu, Gita telah mengembalikan mandat yang diberikan oleh Presiden SBY kepadanya dan selanjutnya menunggu arahan dari Presiden.

"Tadi kan beliau sudah menyampaikan per 1 Februari, beliau mengundurkan diri Sebagai menteri perdagangan. Artinya beliau mengembalikan mandat kepada presiden. Dan seterusanya kita tunggu keputusan presiden," tandasnya. (Dny/Ndw)

Baca juga:

Gita Wirjawan: dari Pengusaha, Birokrat Lalu Ikut Konvensi Capres

 Gita Wirjawan Mundur Bukan Karena Beras Ilegal asal Vietnam

5 Menit Ucapan Mundur sang Menteri Perdagangan Gita Wirjawan

Gita Wirjawan Resmi Mundur dari Menteri Perdagangan

Nge-Tweet `Keputusan Penting`, Gita Wirjawan Umumkan Mundur?

Gita Wirjawan: Besok Saya akan Mengambil Keputusan Penting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.