Sukses

Daftar Maskapai yang Stop Operasi karena Gunung Kelud Meletus

Meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur membuat maskapai penerbangan nasional menghentikan operasinya sementara waktu demi keamanan.

Meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur membuat maskapai penerbangan nasional menghentikan operasi mereka sementara waktu demi keamanan penumpang. Tercatat, ratusan penerbangan dari sejumlah maskapai batal beroperasi pada Jumat (14/2/2014) ini.

Penghentian penerbangan ini terjadi setidaknya di 5 bandara di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yakni, Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, Adi Sudjipto Yogyakarta, Abdul Rachman Saleh Malang dan Achmad Yani Semarang.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan mengaku pihaknya telah meminta maskapai untuk menghentikan operasi seusai Gunung Kelud meletus demi keamanan penumpang.

Penghentian operasi ini dilakukan sampai melihat kondisi lebih kondusif yang diperkuat pernyataan dari instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyembur hingga ketinggian 17 kilometer dari puncak Gunung Kelud. Akibatnya 2 orang dilaporkan tewas dan 18 orang lainnya dilaporkan hilang.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kelud berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari pukul 22.15 WIB.

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, berikut daftar maskapai penerbangan yang berhenti operasi akibat letusan Gunung Kelud:

1. Garuda Indonesia  84 penerbangan
2. Lion Air                 90 penerbangan
3. Indonesia AirAsia   15 penerbangan
4. TigerAir Mandala    12 penerbangan
5. Citilink                  54 penerbangan
6. Sriwijaya Air          33 penerbangan
7. Wings Air               2 penerbangan

(Nrm/Igw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Operasi 54 Penerbangan Citilink Terhenti karena Gunung Kelud

AirAsia Hentikan Sementara 15 Penerbangan

Gunung Kelud Meletus, Wings Air Batalkan Dua Penerbangan

Lion Hentikan 90 Penerbangan Akibat Gunung Kelud Meletus

Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

Abu Vulkanik Gunung Kelud Hingga NTB


Penerbangan Dibatalkan, Garuda Jamin Tiket Tidak Hangus




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini