Sukses

4 Jurus Gapai Karir Impian

Banyak kendala yang membuat seseorang akhirnya pasrah dengan karir yang dimilikinya serta enggan mencoba mendapatkan yang lebih baik.

Tak setiap orang bisa menggapai karir yang diidam-idamkan. Kadang, banyak kendala yang membuat seseorang akhirnya pasrah dengan karir yang dimiliki serta enggan mencoba mendapatkan yang lebih baik.

Seperti dikutip dari Career Realism, Selasa (18/2/2014), sebenarnya banyak cara untuk mengejar karir impian Anda.

Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan keahlian dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini.

Anda juga perlu menyadari berbagai usaha dan pengorbanan perlu dilakukan guna mengejar mimpi tersebut. Berikut empat trik sederhana yang bisa membantu Anda menggapai karir impian:

1. Tak cukup hanya dengan bermimpi

Penting bagi Anda untuk merencanakan satu karir yang menjadi mimpi pribadi. Setiap orang bisa bermimpi, tapi hanya segelintir orang yang mampu mengubahnya menjadi kenyataan.

Selain itu, Anda juga harus bisa mengenali kelemahan dan keunggulan pribadi. Pendekatan itu harus tenang dan positif serta tidak dilakukan secara emosional.

Dengan memahami apa yang bisa dilakukan dan tidak, Anda akan tahu langkah apa yang perlu dijajal guna menggapai karir tersebut.

2. Mengetahui apa yang dibutuhkan atasan perusahaan

Dalam hubungan tenaga kerja tentu saja ada atasan dan bawahan. Para atasan tentu mengharapkan pegawainya dapat menguntungkan perusahaan.

Artinya, sebagai calon pegawai, Anda harus memikirkan kepentingan atasan terlebih dahulu. Kemampuan dan keahlian apa yang bisa Anda sumbangkan sangat penting dalam menentukan kelanjutan karir di kantor.

3. Tunjukan keahlian secara efektif

Harus disadari, sejumlah perusahaan beroperasi dalam situasi yang kompetitif. Tentu saja, mengejar karir idaman akan sulit tercapai tanpa pengorbanan.

Menunjukkan kemampuan pribadi secara efektif dapat berupa penggunaan kualifikasi, pengalaman, dan kompetisi yang dapat menarik perhatian si bos.

Tunjukkan kemampuan utama Anda berupa hasil kerja yang memuaskan guna memudahkan perkembangan dan pertumbuhan karir pribadi.

4. Mengembangkan kemampuan dan keahlian

Banyak alasan untuk memperoleh pekerjaan idaman termasuk, komitmen, kepuasan kerja, dan pertumbuhan karir. Namun itu semua tak cukup.

Diperlukan kesadaran untuk menyesuaikan kemampuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja saat itu. Fokus untuk mengembangkan rencana dan strategi dapat digunakan untuk mencetak berbagai peluang karir yang gemilang.(Sis/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

9 Trik Simpel Biar Karir Lebih Bersinar di Kantor

5 Keuntungan Sikap Optimis untuk Karir Anda

`Ngantor` dengan Jam Kerja Sedikit Tak Bakal Bikin Bahagia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.