Sukses

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Surabaya-Yogya

Rute tersebut dilayani secara resmi mulai 30 Desember 2015

Liputan6.com, Surabaya - Maskapai Garuda Indonesia akhirnya membuka rute penerbangan baru, Surabaya-Yogyakarta. Rute pulang pergi (PP) tersebut dilayani secara resmi pada Rabu, 30 Desember 2015, dengan lama penerbangan sekitar 1 jam.

"Pesawat yang kami gunakan adalah jenis ATR 72-600 'Explore' berkapasitas 70 orang," tutur Vice President Domestik Region 3 Garuda Indonesia wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), Flora Izza kepada wartawan di Surabaya, Senin (28/12/2015).

Izza menjelaskan bahwa saat ini, Garuda Indonesia memiliki 11 unit pesawat ATR 72-600, dari total 25 pesawat yang akan bergabung dengan armada maskapai nasional ini. Pesawat ATR 72-600 diklaim paling handal dengan teknologi modern dan hemat bahan bakar serta biaya operasionalnya yang jauh lebih efisien.

"Efisiensi bahan bakar pesawat ini, sangat mengurangi dampak pencemaran lingkungan secara signifikan," jelas perempuan yang baru mengemban tugas di Surabaya sejak Februari 2015 lalu.

Pesawat ATR 72-600 tersebut juga merupakan jenis terbaik di kelasnya untuk melayani rute-rute penerbangan jarak pendek. Bahkan, pesawat ATR 72-600, sangat leluasa digunakan untuk penerbangan di berbagai pulau maupun kota yang memiliki keterbatasan landasan pacu.

 


"Yang pasti, layanan kami tetap full service. Karena, kami bukan maskapai low cost carrier," imbuhnya.

Flora menambahkan, pembukaan rute baru ini merupakan wujud komitmen perseroan untuk memperluas jaringan konektifitas di rute domestik, khususnya di wilayah Pulau Jawa.

Selain itu, pembukaan rute baru Surabaya-Yogya PP tersebut, tak lepas dari tingginya minat dan permintaan masyarakat atas penerbangan langsung antar kedua kota tersebut.

"Karena, banyak juga masyarakat Surabaya yang ke Yogya untuk berwisata. Sebaliknya, masyarakat Yogya yang ke Surabaya untuk melakukan perjalanan bisnis," imbuh perempuan berjilbab ini.

Bukan itu saja. dibukanya rute penerbangan Surabaya-Yogya ini untuk menghubungkan jalur antar Pulau Jawa yang sebelumnya ditempuh dengan panjangnya waktu perjalanan darat.

Dan kini, Surabaya-Yogya PP bisa dilalui dengan singkat tanpa harus berlama-lama di perjalanan.

"Sekaligus, kami membuka potensi wisata di Surabaya, Yogya dan kota-kota lainnya yang terhubung, terutama di wilayah timur Indonesia," lanjutnya.

Hanya sayangnya, penerbangan Garuda Indonesia di rute baru ini dilayani sekali dalam sehari. Namun, tidak menutup kemungkinan, penerbangan tersebut akan ditambah layanannya tidak hanya sekali per hari.

"Kami lihat progres-nya dulu, setelah itu kami akan putuskan penambahan jadwal penerbangannya. Step by step lah," tegasnya.

Penerbangan dari Surabaya ke Yogya diawali keberangkatannya pukul 14.55, dan tiba di Yogyakarta pada pukul 16.15 dengan pesawat GA 7308.

Kemudian, dari Yogya berangkat kembali pukul 16.45, dan tiba di Surabaya pukul 17.50 dengan menggunakan pesawat GA 7309.

"Tarifnya juga cukup terjangkau, hanya Rp 600 ribu," pungkasnya. (Dian Kurniawan/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.