Sukses

Otoritas Bursa Tak Campuri Emiten yang Terapkan Efisiensi

Manajemen BEI menilai pemutusan hubungan kerja merupakan masalah internal perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan menyerahkan keputusan operasional kepada emiten. Termasuk di dalamnya pemutusan hubungan kerja/PHK karyawan.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, pihak otoritas bursa tak bisa mencampuri urusan tersebut.
‎

"Bursa tidak dapat dapat mencampuri masalah operasional perusahaan," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Samsul menuturkan, pemutusan hubungan kerja merupakan masalah yang dihadapi internal emiten. Jadi, BEI tak bisa mencampuri urusan tersebut.

"Kebijakan pemutusan hubungan kerja merupakan masalah internal perusahaan dan keputusan ada pada manajemen," tutur dia.

Sebagai informasi, turunnya harga komoditas membuat sejumlah perusahaan melakukan efisiensi tak terkecuali PT United Tractors Tbk (UNTR). Dalam keterbukaan BEI, Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara Loebis mengatakan terkena dampak dari penurunan harga komoditas batu bara.

Karena itu, manajemen memutuskan untuk melakukan penyesuaian kapasitas produksi terkait alokasi sumber daya seperti jumlah alat berat dan tenaga kerja.

Lebih jelasnya, Sara mengatakan terkait tenaga kerja melakukan penyesuaian waktu tenaga kerja, tidak memperpanjang kontrak karyawan yang telah habis masa kontraknya. Selain itu, manajemen juga menawarkan program pengunduran diri sukarela.

"Untuk program pengunduran diri secara sukarela telah berakhir dan ditutup pada akhir tahun 2015," kata Sara.

Dalam laporan keuangan perseroan hingga sembilan bulan pertama 2015 pendapatan bersih perseroan turun menjadi Rp 38,29 triliun dibanding periode yang sama sebelumnya Rp 40,80 triliun.

Laba yang diatribusikan ke pemilik entitas induk justru naik Rp 5,57 triliun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 4,77 triliun.

Kenaikan laba perseroan diuntungkan oleh pelemahan rupiah di mana memperoleh sebagian pendapatan lantaran mempunyai aset moneter dalam mata uang dolar Amerika Serikat (AS). (Amd/Ahm)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • PHK Karyawan

Video Terkini