Sukses

Produsen Genting Hemat 60 Persen Pakai Gas PGN

Produsen genting mendapatkan penghematan sekitar 60 persen dengan menggunakan gas sebagai bahan bakar mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan gas PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN membawa manfaat penghematan biaya bahan bakar pembakaran, bagi produsen genting di Cirebon, Jawa Barat.

Kepala‎ Area PGN Cirebon Ade Sutisna mengatakan ada dua produsen genting di Cirebon yang memanfaatkan gas bumi sebagai bahan bakar pembakaran, yaitu PT Genteng Mas Indonesia dan PT Genteng Terracota Industri‎.

"Pelanggan produksi genting menggunakan gas sebagai bahan bakar mesin Kiln (tungku Pemanas) sebagai mesin pengering genteng di mana suhu panas untuk mengeringkan genting dihasilkan dari panas api pembakaran gas," kata Ade, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

 

Ade mengungkapkan produsen genting tersebut mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan gas‎, yaitu penghematan sebesar 60 persen, jika dibandingkan dengan menggunakan Liqudi Petroleum Gas (LPG).

Dengan rata-rata per bulan kebutuhan gas untuk produsen genting sekitar 125.000m3 per bulan atau setara dengan Rp 487 juta.

"Konsumen/pelanggan gas bumi untuk penghematan menggunakan gas PGN di bandingkan menggunakan LPG sebesar 60 persen, hemat jika menggunakan gas PGN saat ini‎," tutur Ade.

Ade melanjutkan, ‎manfaat lain menggunakan gas PGN yaitu hasil pembakaran yang lebih bersih dan hasil produksi lebih baik.‎ Selain itu menggunakan gas PGN harganya stabil, gas akan mengalir 24 jam dan‎ keamanan yang terjamin oleh PGN dalam pemeliharaan aset di pelanggan‎.

Saat in ‎konsumen gas bumi PT PGN Area Cirebon sebanyak 19.270 pelanggan terdiri atas:
Pelanggan Rumah Tangga: 18.979 Pelanggan
Pelanggan Kecil: 193 Pelanggan
Pelanggan Industri: 66 Pelanggan
Pelanggan Jasa Komersial: 32 Pelanggan.  (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.