Sukses

Siap-siap, Pusat Perbelanjaan Banjir Diskon Akhir Tahun

Momen akhir tahun dapat dimanfaatkan oleh para retailer untuk meningkatkan penjualan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2015 akan segera berakhir. Sebagian orang akan merasa berat meninggalkan tahun ini karena begitu cepat berlalu. Namun, tidak bagi para penggila belanja, lantaran akhir tahun berarti diskon besar-besaran di pusat perbelanjaan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) Ellen Hidayat, mengatakan diskon besar-besaran merupakan hal yang wajar dilakukan di akhir tahun. Bahkan, potongan harga dapat mencapai 70 persen.

"Biasanya 70 persen sudah cukup besar, 50 persen umumnya," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Dia mengatakan, biasanya diskon besar-besaran akan berlangsung dua minggu sebelum Hari Raya Natal dan biasanya berakhir beberapa hari setelah tahun baru.

Dia menjelaskan, asoasi sebagai pengelola menyerahkan mekanisme pemotongan harga kepada para retailer, apakah nantinya akan menggelar midnight sale atau cuci gudang akhir tahun. Itu juga termasuk besaran diskon yang diberikan.

Pihak pengelola tempat belanja, Ellen menuturkan biasa berkontribusi untuk memberikan hiburan supaya akhir tahun menjadi ramai. "Ada kegiatan mengadakan teater, mendatangkan artis, pameran," tutur dia.

Dia menambahkan, momen ini harusnya dimanfaatkan oleh retailer untuk mendongkrak penjualan. Mengingat perlambatan ekonomi menurunkan omzet penjualan.

"Dari asosiasi kami menyerahkan ke masing-masing anggota. Memang, kami sudah menyadari pelemahan ekonomi menjadi kesempatan untuk mendapatkan penjualan yang bagus," ujar Ellen.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.