Sukses

Saham Apple Angkat Wall Street di Awal Pekan

Menjelang libur Natal, bursa saham AS reli didorong saham teknologi dan kesehatan.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat di awal pekan didorong kenaikan saham Apple. Sentimen lainnya datang dari reli di sektor saham rumah sakit (RS) usai penandatanganan asuransi kesehatan untuk masyarakat AS.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 122,87 poin atau 0,7 persen ke level 17.251,42. Indeks saham Nasdaq menguat 45,84 poin atau 0,9 persen menjadi 4.968,92. Indeks saham S&P 500 mendaki 15,60 poin atau 0,8 persen ke level 2.021,15.

Penguatan indeks saham acuan ini didukung saham Apple yang reli satu persen meski ada tekanan kalau penjualan iPhone meleset pada Desember. Di sisi lain, sektor saham kesehatan menguat 0,75 persen, dan memimpin penguatan sektor saham di awal pekan ini.

Pemerintah AS menyatakan kalau 6 juta masyarakat AS menandatangani untuk asuransi kesehatan. Angka itu termasuk 2,4 juta masyarakat yang baru menggunakan asuransi kesehatan. Kabar itu mengangkat sektor saham kesehatan di awal pekan ini.

Akan tetapi, penguatan indeks saham acuan AS menjadi terbatas lantaran harga minyak masih tertekan. Harga minyak AS untuk pengiriman Januari turun 0,5 persen ke level US$ 34,54 per barel.

"Begitu sulit untuk indeks saham acuan reli ketika begitu besar volatilitas bursa saham," ujar Colin Cieszynski, Direktur CMC Markets, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (22/12/2015).

Meski demikian, analis lain melihat ada peluang reli terjadi di bursa saham hingga akhir tahun.

"Melihat masa lalu, reli dimulai saat ini dan berlanjut hingga di awal pekan pada Januari 2016," ujar Direktur Raymond James, Jeffrey Saut.

Namun, keuntungan di bursa saham AS juga tergantung harga komoditas. Analis GKFX, James Hughes menuturkan, volume perdagangan tipis menunjukkan kalau pelaku pasar fokus terhadap harga minyak. Selain itu, volume perdagangan tipis ini dapat meningkatkan volatilitas.

Di pekan ini menyambut libur Natal, bursa saham AS akan tutup lebih awal pada malam natal, dan tutup hingga Senin. (Ahm/Igw)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini