Sukses

Kereta Pelabuhan Pangkas Dwelling Time Jadi 2 Hari

Menko Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan kereta pelabuhan juga memberikan manfaat untuk mengurangi kepadatan di jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Priok pada Kamis (18/2/2016). Kunjungan ini untuk memantau ‎uji coba pengoperasian kereta pelabuhan.

Rizal mengatakan, pengoperasian kereta pelabuhan merupakan sebuah kemajuan. Dia berharap, dengan kereta pelabuhan maka akan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan atau dwelling time yang saat ini sekitar 3,5 hari menjadi 2 hari.
‎

"Jadi hari ini kunjungan kami setelah berapa lama ingin melihat kemajuan Tanjung Priok.‎ Terutama soal dwelling time seperti diketahui, sebelumnya dwelling 7-8 hari sekarang 3,5 hari. Nanti kalau keretanya jalan, perbaikan single windows jalan kita harapkan kurang 2 hari," kata dia, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Dia juga menuturkan, kereta pelabuhan juga memberikan manfaat untuk mengurangi kepadatan di jalan. Rizal meyakini, kereta pelabuhan mengurangi kemacetan di Tanjung Priok sekitar sepertiganya.

"Esensinya seluruh dunia pelabuhan ada kereta api langsung sehingga diperiksa langsung dipindah kontainer ke kereta api sehingga efisien dan murah. Kami yakin akan mengurangi kemacetan Priok sepertiganya," ujar dia.

Selain itu, dia juga menuturkan jika hubungan antara pekerja dengan PT Pelindo II kini relatif baik. Melihat kondisi ini Rizal yakin permasalahan logistik di Indonesia akan segera diselesaikan.

"Samping saya Pak Didi pejabat direktur Pelindo II, sebelah saya Nova tokoh serikat pekerja. Saudara lihat bahwa dua-duanya damai. Biasanya Pelindo sama karyawan berantem. Hari ini dua-duanya suasana damai, persahabatan, karena akan mulai sejarah baru Pelindo II, sejarah lebih efisien sehingga membantu biaya logistik Indonesia," kata Rizal. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini