Sukses

Minyak Dunia Naik ke Level US$ 34,48 per Barel

Data pemerintah AS menunjukkan stok minyak mentah naik 3,5 juta barel pekan lalu untuk mencapai puncak tertinggi di atas 507 juta barel.

Liputan6.com, New York - Harga minyak AS ditutup lebih tinggi pada Rabu waktu setempat dalam perdagangan yang naik turun. Naiknya harga minyak dipicu permintaan bensin yang kuat mengimbangi kekhawatiran atas rekor stok minyak mentah yang tinggi.

Data pemerintah AS menunjukkan stok minyak mentah naik 3,5 juta barel pekan lalu untuk mencapai puncak tertinggi di atas 507 juta barel.

Tapi permintaan AS bensin selama empat minggu terakhir naik lebih dari 5 persen dibandingkan dengan tahun lalu, dan persediaan bahan bakar motor juga meluncur dari rekor tertinggi pada turunnya pengoperasian kilang.

 

Minyak mentah Brent naik US$ 1,21 pada US$ 34,48 per barel. Minyak mentah AS menetap di US$ 32,15 per barel, naik 28 sen, atau 0,88 persen, setelah jatuh lebih dari 4 persen pada posisi terendah sesi. Keduanya turun lebih dari 5 persen dalam perdagangan intraday, Selasa.

"Ini adalah efek campuran untuk bulls dan bears karena stok minyak mentah terus naik sementara bensin dan distilat saham turun," kata Chris Jarvis, analis di Manajemen Risiko Caprock di Frederick, Maryland dikutip dari CNBC, Kamis (25/2/2016).

Tetapi beberapa pedagang bertaruh harga akan kembali melemah setelah Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi pada Selasa mengesampingkan pemotongan produksi, meskipun banyak produsen utama kemungkinan besar akan bergabung dengan kesepakatan Saudi-Rusia untuk membekukan output pada level tertinggi bulan Januari.

Iran, yang menentang langkah untuk membatasi produksi minyak sampai ekspor minyak mentah yang mencapai tingkat pra-sanksi, mengatakan kesepakatan itu "menggelikan."

Minyak telah merosot dari lebih dari US$ 100 per barel pada pertengahan 2014, ditekan oleh kelebihan pasokan dan keputusan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak meninggalkan peran tradisional pemotongan produksi untuk meningkatkan harga.

OPEC dan produsen luar telah meningkatkan kegiatan diplomatik setelah harga merosot ke level terendah mereka sejak 2003 bulan lalu. OPEC dan non-OPEC produsen, yang mendukung gagasan pembekuan produksi, merencanakan pertemuan pertengahan Maret, kata Menteri Perminyakan Venezuela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.