Sukses

BNI Beri Pinjaman ke Semen Indonesia Senilai Rp 1 Triliun

Dari dari BNI bakal digunakan oleh Semen Indonesia untuk pengembangan proyeksi strategis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengucurkan kredit senilai Rp 1 triliun ‎kepada PT Semen Indonesia Tbk. Dana ini akan digunakan oleh Semen Indonesia untuk modal kerja.

Penyaluran kredit ditandai dengan penandatangan fasilitas kredit oleh Direktur Semen Indonesia Suparni dan Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat (22/4/2016). 

Herry mengatakan, salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah meningkatkan sinergi antar perusahaan BUMN. Sinergi antar BUMN memang terus digalakkan untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan BUMN dan peningkatkan peran perusahaan BUMN untuk pembangunan Indonesia. 

"BNI dan Semen Indonesia sama-sama memiliki potensi yang besar, yang apabila disinergikan dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua. Semoga dengan adanya kerja sama ini, dapat meningkatkan dan menciptakan nilai tambah dan manfaat bagi BNI dan juga Semen Indonesia," kata dia, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Suparni mengatakan, dana tersebut bakal digunakan untuk pengembangan proyeksi strategis Semen Indonesia. Saat ini, Semen Indonesia sedang mengembangkan beberapa pabrik baru antara lain, pabrik Rembang dan Indarung VI dengan kapasitas masing-masing 3 juta ton per tahun.

Selain itu, Semen Indonesia juga mengembangkan pabrik patungan dengan dengan PT Saman Citra Agung yang berada di Kabupaten Pidie Aceh.  Porsi kepemilikan saham Semen Indonesia di anak usaha ini mencapai 87,5 persen, sementara PT Samana Citra Agung memiliki porsi 12,5 persen.

Anak usaha patungan ini dinamai PT Semen Indonesia Aceh. Sementara mengenai total investasi yang dikeluarkan untuk membangun anak usaha dan kemudian membangun pabrik baru ini mencapai Rp 5 triliun. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.