Sukses

Elpiji 12 Kg Naik, Penggunaan Air Panas di Hotel Berkurang

Pengusaha hotel selama ini menggunakan elipiji 12 Kg untuk pemanas air dan kebutuhan di dapur.

Kenaikan harga gas elpiji nonsubsidi kemasan 12 Kilogram (Kg) memaksa para pelaku industri perhotelan di Malang, Jawa Timur (Jatim), untuk mengurangi penggunaan air panas. Saat ini, harga gas elpiji di wilayah ini tercatat naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 130 ribu.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Malang, Herman Sumaryono, menjelaskan para pengusaha hotel senantiasa menggunakan elpiji 12 Kg untuk kebutuhan di dapur dan air panas di kamar.

"Kami belum ada rencana menaikkan tarif hotel, tapi elpiji 12 kg untuk air panas dan dapur pasti membengkak. Karenanya kami memilih mengurangi pemakaian air panas untuk kamar," urai Herman di Malang, Jatim, Kamis (2/1/2014).

Sebagai ilustrasi, Hotel Splendid yang dikelola Herman setidaknya mengeluarkan biaya penggunaan elpiji 12 kg sebesar Rp 1 juta per pekan. Dengan adanya kenaikan harga, perusahaan harus merogoh dana paling tidak Rp 2 juta per pekan.

Pengusaha hotel juga tak bisa beralih ke elpiji berukuran lebih besar, 50 Kg, karena harganya ikut naik dari Rp 675 ribu menjadi Rp 805 ribu per tabung.

"Posisi kami saat ini bingung, dalam waktu dekat seluruh anggota PHRI akan rapat membahas kenaikan harga elpiji ini," ujar Herman.

PHRI Malang saat ini setidaknya memiliki anggota sebanyak 70 pengusaha hotel.

Elipiji 3 Kg Aman

Pada bagian lain, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Malang Raya, Rizal Pahlevi, menjamin pasokan elpiji ukuran 3 Kg di wilayah Malang Raya masih aman.

Setiap hari elpiji 3 kg di Malang Raya terserap sebanyak 112 ribu tabung sampai 117 ribu tabung. Pasokan itu sudah diperbanyak dari kebutuhan elpiji 3 kg yang semestinya hanya sekitar 110 ribu tabung per hari.

“Untuk elpiji 3 kg kami jamin tak aka nada kelangkaan, pasokan mencukupi kebutuhan masyarakat,” ujarnya. Sayangnya, ia enggan berkomentar terkait harga elpiji 12 kg yang naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 130 ribu oer tabung mulai 2 Januari 2014 ini.(Shd)

Baca Juga

Harga Elipiji 12 Kg Naik, Laju Inflasi Bakal Bengkak
Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pemerintah Cuma Bisa Pasrah

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Picu Pengoplosan
Harga Elpiji Termurah Ada di Indonesia, Malaysia, Atau Thailand?
Beda dengan RI, Harga Elpiji di Filipina Justru Turun
Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini