Sukses

Bursa Saham Asia Bervariasi Jelang Libur Natal

Pelaku pasar juga fokus terhadap prospek stimulus moneter China.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia bergerak fluktuaktif pada perdagangan saham Selasa pekan ini dengan volume perdagangan saham. Di sisi lain, prospek stimulus moneter China dan harga komoditas juga turut mempengaruhi pasar.

Indeks saham MSCI Asia Pacific sedikit berubah pada pukul 09.24 waktu Tokyo. Indeks saham Tokyo Topix bergerak fluktuaktif.

Sementara itu, indeks saham Australia naik 0,6 persen, dan menambah penguatan 4,1 persen pada sesi perdagangan sebelumnya. Sementara itu, indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,1 persen dan indeks saham Selandia Baru/NZX 50 menguat 0,5 persen.

Dolar AS cenderung melemah terhadap euro sebelum rilis data ekonomi yang menunjukkan pertumbuhan.

Tak hanya itu, pemerintah China menyatakan akan mendorong kebijakan moneter fleksibel dan kebijakan fiskal untuk mengatasi ekonomi melambat telah mendorong harga logam dan mata uang.

"Kita akan melihat sejumlah kebijakan di China, dan ada pemulihan di sana. Ekonomi China dan dolar AS menjadi fokus sehingga diharapkan akan berdampak positif untuk komoditas dan sektor berhubungan," ujar Nader Naeimi, Analis AMP Capital Investors Ltd, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (22/12/2015).

Direktur Contango Asset Management, George Boubouras menuturkan, volume perdagangan saham akan tipis menjelang libur Natal pada pekan ini. Akan tetapi, ada sejumlah saham yang masih menarik.

Di pasar uang, dolar AS diperdagangkan sedikit berubah ke level US$ 1,0912 per euro. Dolar AS telah melemah 0,8 persen selama dua hari ini.

Sementara itu, harga minyak dunia jenis West Texas Intermediate naik 0,3 persen ke level US$ 35,90 per barel di divisi New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak Brent melemah ke level US$ 36,04 pada perdagangan Senin pekan ini, dan ini level terendah sejak Juli 2004. (Ahm/Igw)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Ingin Investasi pada 2016? Simak Video Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.