Sukses

Peruri Sanggup Cetak Emas 1 Ton

Peruri mengaku baru bisa mencetak 30 Kg emas sesuai ketersediaan emas dari Pegadaian.

Tak hanya uang, geliat bisnis emas Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) juga mulai menggeliat. Perusahaan mengaku sanggup mencetak emas hingga satu ton per tahun meski sampai kini produksi logam mulia Peruri masih terbilang kecil.

Direktur Utama Perum Peruri Prasetio mengatakan, perusahaan selama ini memperoleh proyek percetakan dan stempel emas dari PT Pegadaian (Persero). Kebutuhan bahan baku emas seluruhnya disediakan oleh Pegadaian.

"Kalau sudah ada bahan, kami mampu mencetak emas hingga satu ton per tahun," ujar Prasetio ketika ditemui disela Pembukaan Pacific Rim Banknote Printers Conference di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Saat ini, bisnis pencetakan emas pegadaian yang diperoleh masih sangat terbatas. Namun perusahaan yakin permintaan emas Pegadaian akan mengalami peningkatan signifikan.

"Kita masih jalin kerjasama dengan Pegadaian, namun jumlahnya masih belum besar, tapi kita saling menyempurnakanlah," katanya. 

Peruri mengaku bisnis percetakan emas perusahaan saat ini memang masih dalam tahap tahap percobaan. Dengan kondisi tersebut, Peruri baru bisa mencetak sebanyak 30 kilogram (kg) emas. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini